Kamis, Mei 07, 2009

Dhika's Sleepy Hollow


Kisah horor klasik sering mengambil dari cerita rakyat atau legenda seperti kisah hantu penunggang kuda tanpa kepala. Beberapa tempat yang berbeda di dunia ini punya legenda seperti itu. Legenda itulah yang menjadi basis dari fiksi horor klasik karya penulis Irving Washington yang bertajuk "Sleepy Hollow".

Nah, sutradara yang terkenal dengan film bernuansa kelam, Tim Burton pun tertarik mengangkat kisah klasik Irving Washington itu ke media layar lebar pada tahun 1999. Namun kisah di layar lebar yang juga bertajuk "Sleepy Hollow" itu telah mengalami penyesuaian agar bisa dinikmati penggemar film masa kini.

Kisahnya dimulai pada tokoh detektif polisi muda di New York pada tahun 1799, yaitu Ichabod Crane (Johnny Depp). Polisi muda itu lebih suka menggunakan pendekatan ilmu pengetahuan untuk membuktikan kejahatan daripada melakukan penyiksaan demi mendapat pengakuan dari tertuduh seperti yang biasa dilakukan sesama polisi pada zaman itu. Keyakinan dan kegigihan Crane untuk menggunakan ilmu pengetahuan forrensik itu membuat para penegak hukum tidak suka padanya.

Seorang hakim New York yang brengsek sampai kehabisan kesabaran menghadapi Crane sehingga menyuruh polisi idealis itu untuk menyelidiki sederet pembunuhan aneh di daerah pedalaman Sleepy Hollow. Kepala para korban pembunuhan aneh itu dipotong dan dibawa pergi pembunuhnya sehingga para warga Sleepy Hollow yang hampir seluruhnya merupakan keturunan Belanda hanya menemukan para jasad korban tanpa kepala. Teror kejahatan itu dipercayai oleh penduduk desa itu dilakukan oleh hantu penunggang kuda tanpa kepala, "Headless Horseman" yang merupakan legenda daerah itu.

Kabarnya hantu itu membalas dendam atas pembunuhannya pada banyak tahun lalu. Tentu saja Crane yang merasa sebagai orang rasionalis tidak percaya pada keyakinan para warga desa Sleepy Hollow itu. Sayangnya kedatangan Crane disambut dingin oleh para warga Sleepy Hollow termasuk warga kelas elit seperti hakim ataupun Baltus Van Tassel, tuan tanah terbesar wilayah itu. Untunglah ada segelintir orang bersedia membantunya karena ingin teror itu berakhir seperti Katrina Van Tassel (Christina Ricci). Crane dan Katrina saling jatuh cinta, namun membuat seorang pria muda, Brom Van Brunt (Casper Van Dien) yang mencintai Katrina, cemburu dan benci kepada Crane.

Sutradara Tim Burton
Produser
Scott Rudin
Adam Schroeder
Francis Ford Coppola
Larry J. Franco
Penulis Washington Irving (The Legend of Sleepy Hollow)
Kevin Yagher (screen story)
Andrew Kevin Walker (screen story and screenplay)
Tom Stoppard (uncredited)
Pemain Johnny Depp
Christina Ricci
Miranda Richardson
Michael Gambon
Casper Van Dien
Jeffrey Jones
Christopher Lee
Richard Griffiths
Ian McDiarmid
Michael Gough
Christopher Walken
Musik
Danny Elfman
Film
Emmanuel Lubezki
Editing
Chris Lebenzon
Joel Negron
Studio Mandalay Pictures
American Zoetrope
Distributor Paramount Pictures (USA)
Pathé (UK)
Tanggal Release November 19, 1999
Durasi
105 min.
Negara
United States, Germany
Bahasa
English
Anggaran
$80,000,000
Pendapatan Kotor
$206,071,502

Tidak ada komentar:

Posting Komentar