Rabu, Mei 06, 2009

Dhika's Die Hard 4.0


Ketika Die Hard pertama kali dibuat tahun 1988, mungkin Bruce Willis tidak menyangka kalau sosok polisi John McClane yang ia perankan, mendapat respon dari banyak khalayak. Semua sequel film ini selalu saja box office, tidak hanya di Amerika Utara tapi juga diseluruh dunia. Pasca kemunculan Die Hard 3 ; With A Vengeance di tahun 1995,

banyak publik menyangka kalau inilah sequel terakhir dari aksi polisi ‘gila’ John McClane.

Tapi rasanya sayang bagi Twentieth Century Fox kalau harus menawatkan serial terlaris Die Hard. Dan 12 tahun kemudian atau di pertengahan tahun 2007 bersamaan dengan ulang tahun Amerika di awal bulan Juli, Fox akhirnya merelease Die Hard ke 4.

Sementara isu dalam film ini pun tetap aktual yang masih berkutat kepada upaya penumpasan teroris.

Ketika jaringan komputer FBI dibobol para hacker, Bowman (Cliff Curtis) direktur FBI, meminta bantuan seluruh jajaran kepolisian di Amerika untuk segera melacak jejak para hacker dan membawanya ke markas FBI. Sebagai detektif senior di jajarannya John McClean (Bruce Willis) mendapat tugas menjemput Matt Farrell (Justin Long) hacker muda yang bermukim di kota New York. Tanpa tahu apa yang terjadi, John dan Farrell justru diburu untuk dibunuh oleh sekelompok orang tidak dikenal.

Upaya pembunuhan sedikit terkuak saat diketahui kalau Farrell ternyata memiliki hubungan dengan para teroris yang membobol jaringan komputer FBI. Pembobolan tidak hanya terjadi pada instansi FBI tapi juga CIA dan beberapa instansi pemerintah lainnya.

Bahkan untuk memuluskan aksi teror, para teroris yang dikomandani Thomas Gabriel (Timothy Olyphant) membunuh semua hacker dan tinggal satu yang tersisa, Matt Farrell.

Aksi terror yang dilakukan Gabriel bukanlah tanpa alasan. Pasca peledakan gedung kembar WTC 11 September, mantan agen pemerintah yang juga ahli komputer ini menemukan lemahnya sistem komunikasi pertahanan dan keamanan negaranya.

Upaya untuk memperbaiki seluruh kelemahan tersebut justru membuat ia tersingkir. Merasa terhina, Gabriel bersama anak buahnya melakukan serangan total terhadap seluruh jaringan komputer internet yang ada di seantero Amerika Serikat.

Kejahatan virtual yang Gabriel lakukan sungguh mengerikan. Semua aktivitas bisnis dan sosial jadi kacau balau. Lampu lalu lintas mati, jadwal penerbangan udara tertunda, harga jual saham tiba-tiba rontok, seluruh jaringan siaran TV diboikot dengan berita ancaman dan teror, sampai kepada padamnya semua jaringan listrik secara serentak. Saat warga panik dan ketakutan, Gabriel melakukan transfer semua rekening bank ke rekening pribadinya di luar negeri.

Berbekal peralatan seadanya, McClean dan Farrell berupaya menggagalkan semua aksi busuk Gabriel, walau harus bertaruh nyawa. Dan ketika terdesak, Gabriel menyandera Lucy (Mary Elizabeth Winsted) anak semata wayang McClean sebagai jaminan.

Seperti biasa Bruce Willis bermain apik. Acting Justin Long sebagai hacker muda yang lugu, sanggup mengibangi acting Bruce Willis yang telah pengalaman bermain di serial Die Hard. Sementara sutradara muda berbakat, Len Wiseman mampu menghadirkan Die Hard 4.0 sebagai film yang enak ditonton dari awal hingga akhir full action.

Sutradara
Len Wiseman
Produser
Michael Fottrell
Arnold Rifkin (executive)
William Wisher
(executive)
Stephen James Eads
Penulis
Characters:
Roderick Thorp
Story:
Mark Bomback
David Marconi
Screenplay:
Mark Bomback
Pemain
Bruce Willis
Timothy Olyphant
Justin Long
Mary Elizabeth Winstead
Maggie Q
Kevin Smith
Musik
Marco Beltrami
Film
Simon Duggan
Editing
Nicolas De Toth
Distributor 20th Century Fox
Tanggal Release USA June 27, 2007
UK July 4, 2007
AUS August 8, 2007
Durasi
129 min.
Negara
United States
Bahasa
English
Anggaran
$110 million
Pendapatan Kotor
$383,531,464

Tidak ada komentar:

Posting Komentar